Thursday, December 8, 2016

Kiprah Indonesia di Piala AFF bukan seperti Leicester City tetapi malah mirip Club ini

Inilah kiprah Indonesia di Piala AFF saat menembus Final,seperti yang saya kutip dari goal.com,Kita mulai dari :
(ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)


-Piala Tiger 2000
Piala Tiger 2000 mewujudkan mimpi Indonesia untuk tampil di final untuk pertama kali. Sayangnya, Thailand yang juga tuan rumah saat itu dengan mudah memupuskan harapan Indonesia untuk juara.

-Piala Tiger 2002
Penuh kekecewaan di Stadion Gelora Bung Karno pada laga final antara Indonesia dan Thailand. Sebagaimana Bambang Pamungkas dan kawan-kawan gagal berpesta karena kalah lewat drama adu penalti.

90 menit sudah berjalan sengit dengan Indonesia akhirnya mampu menyamakan kedudukan setelah tertinggal dua gol di paruh pertama.

Tapi tekanan membenamkan Indonesia saat adu penalti. Sugiantoro dan Sandy Firmansyah tak bisa mengikuti jejak Bepe yang sukses menjalankan tugas sebagai algojo penalti. Hingga akhirnya Indonesia kalah 4-2.

-Piala Tiger 2004
Harapan besar di pundak timnas Indonesia era ini. Sebagaimana partai pembuka melawan Laos dijalani Indonesia dengan berpesta enam gol tanpa balas.

Deretan striker seperti Ilham Jaya Kusuma, Boaz Solossa, Bambang Pamungkas hingga Kurniawan Dwi Yulianto menghiasi lini depan tim racikan Peter Withe.

Sayangnya harapan itu pudar di partai final ketika Singapura mampu mengalahkan Indonesia dua kali beruntun pada laga kandang dan tandang. Ini pun jadi edisi pertama final dihelat dengan sistem tersebut.

-Piala AFF 2010
Pesta gol ke gawang Malaysia 5-1 jadi awal yang bagus bagi Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah. Tapi timnas yang sibuk dielu-elukan akhirnya tertunduk di tangan Malaysia pada partai final.

Berarti selama Piala AFF bergulir ,Indonesia sudah mencapai Final 5 kali  (termasuk 2106) dan belum satupun yang bisa dimaksimalkan (jadi Juara).Ada yang kalah adu penalti ataupun kalah agregat dalam 2 Leg,dan yang paling mengecewakan adalah edisi terakhir kali masuk final (Piala AFF 2010).Ketika itu,dibabak penyisihan bisa dengan mudah membantai Malaysia dengan skor telak namun akhirnya kalah juga di Final (dengan sistem 2 leg).

Untuk Piala AFF Tahun 2016 ini ,Indonesia berhasil menembus Final dengan sangat dramatis dan sempat diremehkan diawal turnamen,sehingga banyak yang menyebut kalau Indonesia mirip Leicester City yang berhasil meraih Gelar BPL tahun 2015/2016.

Namun kiprah Indonesia di Piala AFF ini menurut saya bukan mirip Leicester tetapi mirip kiprah Arsenal di Liga Champions,hahahaha.Penyebabnya yaitu selalu gagal di setiap keikutsertaannya.Perlu anda tahu,Kiprah arsenal di Liga Champions sangat menyedihkan.Mereka selalu terhenti di 16 besar dalam 5 Musim terakhir (Musim 2011/2012 dihentikan AC Milan ,Musim 2012/2013 dan 2013 /2014 dihentikan Bayern Muchen,Musim 2014/2015 dihentikan Monaco dan Musim lalu dihentikan Barcelona).
Photo by Sidomi.com
Masalah dari kedua Tim ini ( Indonesia di Piala AFF ataupun Arsenal di Liga Champions) adalah mentalitas Tim yang lemah.Mereka sangat rentan goyah ketika menghadapi tekanan lawan yang membuat konsentrasi pemain turun.Padahal untuk materi pemain rata rata berimbang.Pemain Timnas sering grogi menghadapi moment - moment kritis,seperti kegagalan Penalti Firman Utina di Leg Kedua Piala AFF 2010 yang ketika itu membutuhkan minimal 3 gol untuk menyamakan agregat ,tetapi gagal yang membuat Indonesia menjadi kurang tenang menjalani pertandingan walaupun akhirnya menang tipis 2-1 yang tidak bisa membawa Indonesia menjadi Juara.

Semoga dengan melenggangnya Indonesia ke Final Tahun ini bisa menghentikan kutukan Final yang selalu gagal dilalui.Mental dan ketenangan adalah kunci utama menghadapi tekanan lawan yang tak segan segan memprovokasi Pemain Timnas Kita. Final Piala AFF akan menggunakan Format home and away pada 14 dan 17 Desember 2016 mendatang.Timnas Indonesia akan menjadi Tuan Rumah lebih dulu,kemudian bertandang ke Thailand tiga hari berikutnya.








No comments:

Post a Comment